Selasa, 17 Desember 2013

Asupan Makanan Ibu Hamil, Agar Berat Badan Bayi Lahir Normal

 Asupan Makanan Ibu Hamil, Agar Berat Badan Bayi Lahir Normal
Berat badan bayi lahir normal, dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi oleh sang Ibu. Pada masa kehamilan, banyak anggapan bahwa Ibu hamil harus banyak makan, dengan alasan Ibu hamil untuk memberi makan dua orang, Ibu dan bayi yang dikandungnya. Alasan ini kurang tepat, yang tepat adalah Ibu hamil harus makan secukupnya, atau makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk mengukur kecukupan nutrisi bagi Ibu hamil dapat terlihat dari peningkatan berat badannya, dimana berat badan yang baik bagi ibu hamil antara 6,5-16Kg.
Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi Ibu hamil dengan kenaikan berat badan yang tidak tinggi, untuk membantu menghasilkan berat badan bayi lahir normal:
  • Makanan dengan gizi lengkap dan seimbang adalah menu asupan makanan Ibu hamil yang utama, Jenis makanan yang dikonsumsi harus mengandung cukup karbohidrat, protein(baik hewani atau nabati), vitamin, mineral, lemak, air dan serat.
  • Makanan ibu hamil harus memperhatikan jumlah kalori yang dibutuhkan setiap masa usia kehamilannya. Pada trisemester 1 dan 2 atau sampai usia kehamilan 6 bulan, diperlukan tambahan 150 kkal dan pada usia kehamilan trisemester ke 3 atau usia kehamilan 7-9 bulan, diperlukan tambahan 330kkal.
  • Asupan makanan ibu hamil dengan kenaikan berat badan yang tidak drastis, bisa dibantu dengan menu sarapan, kwetiaw rebus (Kwetiaw basah 100 gr, Daging ayam 30 gr, udang 20 gr, Irisan Kol 20 gr dan wortel iris 30 gr). Selingan pagi bisa dicoba dengan kue talam 1 potong. Menu makan siang, Nasi 150 gr, Perkedel tempe 50 gr, Ikan kakap saus lemon 100gr, Tumis kol dan wortel 100 gr, Selingan sore, Selada buah dengan saus yoghurt 130 gr. Makan malam, Nasi 100 gr, daging yakiniku 100 gr, Tahu bumbu kuning 60 gr, Sup bayam jagung 100 gr, dan selingan malamnya bisa dengan macam-macam buah potong 150 gr.
  • Untuk menu selingan yang mengandung 300 kkal, bisa menjadi menu tambahan makanan ibu hamil lainnya, diantaranya 2x sehari sebanyak 200 ml susu full cream, Roti Sandwhich (Roti 2 lembar, telur 1 butir, keju 1 lembar dan sayuran), risoles, kroket, perkedel kentang isi daging, macaroni isi daging, perkedel jagung, dadar gulung dll.
Makanan Ibu hamil memang harus ekstra diperhatikan kandungan gizi dan kesehatannya, Namun selain itu, kondisi ibu hamil yang selalu berbahagia dan semangat, akan memberikan efek baik juga pada bayi dalam kandungan.

1 komentar:

  1. Citizen titanium watch, sportsman, watches - iTaniumArts
    Buy premium quality watch products titanium alloy nier for babyliss pro nano titanium your does titanium have nickel in it country. 바카라사이트 Manufactured & titanium security refurbished at iTaniumArts.

    BalasHapus